Header Ads

Breaking News
recent

Pengertian Ilmu Komunikasi : Fungsi dan Ruang Lingkup

Fungsi dan Ruang Lingkup Ilmu Komunikasi

ilmu komunikas

Sebelum kita masuk kedalam pembahasan apa itu ilmu komunikasi, mari kita bersama membahas apa yang di maksud komunikasi itu sendiri terlebih dahulu. Ada banyak sekali penjelasan yang diberikan dari para ahli mengenai komunikasi, meskipun penjelasannya  yang berbeda-beda namun pada intinya tetap sama. Berikut akan kami paparkan pengertian daripada ilmu komunikasi seperti menurut beberapa ahli.

Pada dasarnya secara harfiah, komunikasi itu berasal dari bahasa latin yaitu communis yang artinya sama dapat dikatakan komunikasi merupakan suatu proses dalam upaya membangun sikap saling pengertian. Menurut Carl I. Hovland memaparkan bahwa komunikasi adalah adalah sebuah proses dimana seorang komunikator akan memberikan stimulan atau rangsangan yang biasanya dalam bentuk simbol bahasa baik berbentuk verbal maupun nonverbal untuk merubah tingkah laku orang lain.

Komunikasi menjadi sangat urgent, contohnya pada sebuah organisasi yang selalu melakukan komunikasi antar anggota organisasi demi meminimalisir kesalahpahaman atau misscomunication Nah dari situlah dapat dikatakan bahwa ilmu komunikasi akan menjadi sebuah ilmu yang teramat penting untuk dipelajari dan dipahami.

Ilmu komunikasi dasarnya bisa menjadi sebuah pedoman untuk bagaimana kita dapat berkomunikasi dengan cara yang lebih baik. Proses komunikasi terdapat dua tahapan yaitu komunikasi secara primer atau utama dimana proses penyampaian pikiran atau perasaan yang ada pada diri seseorang kepada beberapa orang lain dengan menggunakan beberapa simbol sebagai media komunikasi.

Dalam ilmu komunikasi lambang sebagai media primer disini berbentuk pesan verbal atau bahasa yang diucapkan dengan kata-kata dan pesan nonverbal atau isyarat. Kemudian terdapat proses komunikasi secara sekunder yaitu proses penyampaian pesan oleh komunikator kepada komunikan dengan menggunakan alat atau sarana sebagai media kedua memakai lambang sebagai media pertama.

Ilmu dapat diartikan usaha yang secara sadar dilakukan untuk meneliti, menemukan dan meningkatkan pemahaman manusia yang berasal dari berbagai segi kenyataan dalam alam dan manusia. Ilmu komunikasi menurut Berger dan Chaffe adalah suatu pengamatan pada sebuah produksi, proses dan pengaruh daripada sistem simbol atau lambang melalui beberapa pengembangan teori-teori yang telah diuji dan kemudian digeneralisasikan dengan tujuan untuk menjelaskan fenomena yang berkaitan erat dengan hal tersebut.

Pada dasarnya ilmu komunikasi bisa dikatakan sebagai ilmu pengetahuan mengenai peristiwa komunikasi yang telah didapatkan melalui suatu penelitian tentang sistem, pengaruh, dan prosesnya yang sudah dilakukan secara rasional dan sistematik serta kebenarannya bisa diuji dan digeneralisasikan. Obyek studi ilmu komunikasi yaitu bukan pada dalam bidang pengalaman yang telah di lewati oleh komunikator dan komunikan yang pada dasarnya sama namun, makna yang dipahami  diantara mereka juga harus sama sehingga komunikasi yang terjadi dapan berjalan dengan baik dan lancar.
  

Fungsi Ilmu Komunikasi

Menurut William I. Gorden Komunikasi memiliki fungsi dimana sebagai komunikasi sosial, ekspresif, ritual, dan instrumental. Secara general fungsi ilmu komunikasi adalah sebagai sumber dari ilmu pengetahuan supaya bersikap dan bertindak sebagai anggota masyarakat yang efektif dan efisien sehingga sadar kemudian mengerti akan fungsi sosialnya. Ilmu komunikasi juga memiliki fungsi sebagai pengalihan dari ilmu pengetahuan dalam memotivasi adanya intelektualitas, pembentuk watak dan pendidikan keterampilan serta kemahiran dalam segala bidang.

Fungsi lainnya dari ilmu komunikasi adalah memberikan informasi bagaimana cara pengumpulan, penyimpanan, pemrosesan. Pempublikasian berita, data, gambar, fakta dan pesan pendapat atau opini juga komentar yang diperlukan untuk dapat dipahami dan beraksi secara jelas akan kondisi lingkungan dan orang lain untuk mampu mengambil keputusan yang tepat.

Ruang Lingkup Ilmu Komunikasi

Ilmu komunikasi menurut Onong Uchjana Effendy bisa dilihat dari beberapa komponen yang ada dalam struktur komunikasi seperti komponen bentuk dari suatu subyek yaitu komunikator, pesan yang disampaikan, media yang digunakan, komunikan dan efek yang ditimbulkan.
Dari komponen bidangnya, ruang lingkup pada ilmu komunikasi meliputi :
komunikasi sosial
Komunikasi manajemen,
komunikasi perusahaan,
komunikas politik,
komunikasi antar budaya,
komunikasi pembangunan,
komunikasi lingkungan dan
komunikasi tradisional serta
beberapa komponen lainnya.

No comments:

Powered by Blogger.